Apa itu testimoni? Apa arti testimoni? Apa sih penjelasannya?
Pertanyaan tersebut belakangan ini sering diajukan, oleh para pengguna internet, termasuk mereka yang aktif di media sosial.
Dan untuk orang-orang yang sering beli barang secara online (atau seller online), maka istilah ini mungkin tidak absurd lagi.
Nah, sayangnya, walau banyak muncul di media umum maupun
platform marketplace, istilah testimoni masih belum dimengerti oleh semua orang.
Karena itu, pada artikel ini saya ingin menjelaskannya secara lengkap, khusus bagi yang belum paham.
Berikut pembahasannya :
Pengertian Testimoni
Testimoni atau testimonial (dalam bahasa inggris), yakni sebuah bentuk kesaksian kepuasan perihal barang atau jasa penjual dari pembeli. Istilah ini ditujukan, untuk membagikan pengalaman mereka bertransaksi dengan penjual, atau pengalaman dikala memakai barang yang mereka beli.
Misalnya, saya membeli sebuah laptop secara online, dari seorang seller di sebuah marketplace. Semua transaksi berjalan lancar, laptop yang diterima juga dalam keadaan sangat baik.
Beberapa waktu kemudian, saya mengirim sebuah pesan di halaman toko tersebut, bahwa semuanya berjalan baik dan lancar. Inilah yang dimaksud testimoni.
Contoh Testimoni
Istilah ini sanggup Anda temukan, hampir di semua
platform marketplace, atau media sosial. Misalnya Facebook, Instagram, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain.
Bahkan, tidak jarang juga kita temukan di Aplikasi chatting, menyerupai Line atau WhatsApp.
Sebagai contoh, contohnya di Facebook :
Contoh lain testimoni dalam bentuk pesan (PM) kepada penjual :
Untuk di marketplace, Anda sanggup coba cek pribadi di halaman penjual yang diinginkan.
Manfaat testimoni bagi penjual
Bagi para penjual online, testimoni sangatlah bernilai, alasannya yakni mempunyai bermacam-macam manfaat. Misalnya menyerupai berikut :
Penjual mendapat kepercayaan : Kepercayaan dari pembeli, yakni hal yang penting. Respon positif, tentu saja akan menaikkan trust seorang penjual.
Menaikkan reputasi : Dalam perkembangan bisnis, ini sangat penting dan bermanfaat. Lewat banyaknya testimoni, otomatis reputasi penjual akan meningkat juga.
Penjual mendapat pelanggan tetap : Jika seorang pelanggan menunjukkan respon positif, bukan mustahil mereka nantinya akan menjadi pelanggan tetap.
Sebagai materi penilaian penjual : Kadang tidak selalu respon positif, testimoni juga sanggup menjadi salah satu bentuk kekecewaan kepada penjual. Tapi ini sanggup menjadi materi penilaian penjual, untuk menjadi lebih baik lagi.
Media marketting gratis : Tidak jarang, pembeli yang telah menunjukkan testimoni aktual kepada penjual, juga akan merekomendasikan toko Anda kepada kenalan, kerabat atau keluarganya. Sehingga ini sanggup jadi media marketting gratis yang cukup bernilai.
Bahan iklan : Testimoni sanggup dipakai oleh penjual, sebagai iklan yang ditujukan untuk para calon pembeli lain. Bahkan, sanggup dibilang cara ini sangat efektif.
Cara menciptakan testimoni
Tidak ada hal Istimewa yang harus dilakukan, dikala menciptakan testimoni. Namun jikalau Anda masih resah dan belum terbiasa, ada beberapa tips yang sanggup dilakukan, yaitu :
Ceritakan pengalaman dikala membeli : Misalnya, proses waktu sedang bertanya perihal barang, proses kirim dan sejenisnya.
Kondisi barang : Apakah bagus? Bagaimana dengan
packing pengirimannya? Bagaimana dengan kecepatan pengiriman (
input resi)?
Kecepatan respon penjual : Bagi beberapa orang, respon penjual dikala di-PM sangatlah penting. Ini tidak jarang, ditulis oleh para pembeli pada kolom testimoni.
Ceritakan pengalaman proses return : Bagi Anda yang mengalami sedikit masalah, kemudian mengganti barangnya ke yang baru, proses return juga sanggup ditulis. Saya sendiri pernah mengalaminya.
Mengikuti cara tulis pembeli lain : Jika bingung, sanggup juga dengan cara mengikuti gaya testimoni dari pengguna lain. Simpel bukan?
(Dan masih banyak lagi..)
Perlukah menciptakan testimoni?
Bagi para penjual, testimoni yakni hal yang penting, alasannya yakni sanggup mendatangkan bermacam-macam manfaat. Lalu bagaimana dengan pembeli?
Kalau berdasarkan saya pribadi, testimoni bagi para pembeli juga merupakan hal yang penting. Contoh keuntungannya menyerupai 3 hal berikut ini :
Menaikkan reputasi pembeli : Di beberapa marketplace menyerupai Tokopedia, pembeli akan mendapat reputasi dari penjual, dikala simpulan bertransaksi. Ini akan mempermudah transaksi berikutnya, dikala Anda ingin membeli barang.
Membuat penjual kenal dengan Anda : Untuk sebagian penjual, terutama yang masih baru, testimoni dari Anda akan menciptakan penjual mengenali Anda dengan lebih mudah.
Membangun hubungan dengan penjual lain : Jika Anda seorang penjual online juga, maka Anda akan lebih gampang mempromosikan toko Anda dengan relasi, melalui testimoni. Ini bermanfaat, untuk toko yang masih baru.
Dan masih banyak lagi...
Penutup...
Demikian artikel perihal pengertian testimoni, dan arti testimoni. Istilah ini sangatlah penting diketahui, alasannya yakni begitu seringnya muncul di internet, terutama dikala sedang melihat daerah jual beli online.
Nah, dan biar disini, Anda sanggup terbantu dan lebih memahami perihal istilah dan cara penggunaannya.
Jika ada pertanyaan lain sehubungan dengan topik yang dibahas disini, silakan kirimkan saja, di kotak komentar yang tersedia dibawah.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar