Tokopedia yaitu salah satu
online marketplace terkenal di Indonesia dengan pengguna yang sangat banyak. Saya sendiri sebagai penulis yaitu salah satu member yang juga sering membeli barang disana.
Selama saya belanja disana jujur, belum ada duduk masalah berarti. Sekalipun ada, saya sanggup menyelesaikannya dengan cepat, sebab sanggup dibilang sistem Tokopedia ini memang sangat bagus.
Namun, untuk Anda yang sedang ada duduk masalah lain yang belum diselesaikan, dan mungkin Anda sedang perlu bantuan, Anda sanggup menggunakan salah satu cara terbaik, yakni dengan menghubungi Call Center atau CS Tokopedia.
Untuk menghubungi CS Tokped, ada beberapa cara yang sanggup dilakukan. Karena tolong-menolong disana ada beberapa halaman yang disediakan khusus untuk kontak.
Dan disini saya ingin menyebarkan sedikit tutorial caranya, khusus untuk Anda yang sedang membutuhkannya.
Berikut pembahasannya :
Cara Kontak Tokopedia Supaya Chat Cepat Dibalas
1. Melalui Halaman Layanan Pengguna
Halaman ini yaitu halaman yang paling sering digunakan pengguna Tokopedia, khususnya yang sedang butuh pertolongan atau ada pertanyaan. Lewat halaman ini Anda nanti akan dibantu oleh salah satu CS Tokopedia sesuai standar operasional. Caranya menyerupai ini :
1. Pertama buka terlebih dahulu halaman
Pusat Bantuan di
https://www.tokopedia.com/bantuan 2. Geser kebawah, kemudian klik
Hubungi Kami 3. Selanjutnya, silakan pilih salah satu kategori sesuai yang Anda butuhkan
4. Pilih lagi detail duduk masalah atau pertanyaan yang Anda alami secara spesifik
5. Setelah berhasil diarahkan ke halaman yang sesuai, Anda akan melihat sebuah artikel wacana detail dari pertanyaan atau duduk masalah tersebut, serta tanggapan atau solusinya. Jika Anda tetap butuh pertolongan CS, silakan geser kebawah, kemudian klik
Hubungi Kami 6. Kirimkan pertanyaan Anda disana, disertai foto atau
screenshots yang dibutuhkan.
7. Terakhir tinggal tunggu saja tanggapan dari CSnya.
Untuk melaksanakan seluruh langkah diatas, Anda perlu login terlebih dahulu ke akun Anda. Dan perlu diketahui, tidak semua kategori ada tombol 'Hubungi Kami'. Kaprikornus silakan sesuaikan kembali.
2. Melalui Halaman Fanspage Facebook
Hampir semua marketplace online ketika ini punya Fanspage Facebook, termasuk Tokopedia. Di Facebook, terdapat fitur kirim pesan, dan kalau kita menggunakan fitur ini di halaman Tokopedia, kita sanggup dibantu oleh CSnya disana. Caranya menyerupai ini :
1. Silakan login terlebih dahulu akun Facebook Anda menyerupai biasa.
2. Kemudian cari Fanspage Tokopedia pada kolom search. Pastikan yang sudah
verified atau sudah ada centang biru. Atau kalau mau cepat sanggup buka
https://facebook.com/tokopedia 3. Klik Kirim Pesan di pecahan kanan atas
4. Selanjutnya akan muncul kotak chat. Silakan kirim pesan atau pertanyaan disana sesuai yang Anda butuhkan disana. Anda juga sanggup menambah lampiran screenshots.
5. Tunggu beberapa ketika hingga CSnya menjawab pertanyaan Anda. Biasanya kurang dari 10 menit.
Saya pribadi juga suka menggunakan cara ini. Alasannya sebab setiap hari saya selalu membuka Facebook, dan menghubungi CS juga sanggup dilakukan dengan gampang lewat Messenger. Bagaimana kalau Anda belum punya akun Facebook? Nah, mungkin Anda juga sanggup menggunakan Twitter.
3. Melalui Halaman Resmi Twitter
Sama menyerupai Facebook, Tokopedia juga mempunyai akun Twitter dimana kita sanggup mendapat isu atau promo terbaru. Dan kalau ada pertanyaan, kita juga sanggup mengirimkannya eksklusif disana. Caranya menyerupai ini :
1. Silakan login terlebih dahulu ke akun Twitter Anda. Dan pastikan Anda sudah Follow Tokopedia di @TokopediaCare.
2. Silakan buka salah satu
post pada
timeline Tokopedia Care (Yang mana saja), kemudian tanyakan hal yang Anda butuhkan disana.
3. Setelah itu Anda tinggal menunggu saja hingga CSnya menjawab pertanyaan Anda.
Selain komentar pada salah satu Tweet, Anda juga sanggup mengirimkan pesan (DM).
Adakah Cara Lainnya?
Secara umum, 3 metode diatas yaitu cara yang biasa dipakai, dan berdasarkan saya sudah mencukupi. Apalagi penerapannya mudah, hanya beberapa menit.
Sebenarnya ada beberapa cara lain, menyerupai menggunakan Chat Bot atau Live Chat. Namun, kedua fitur tersebut terbatas untuk member dengan status Gold dan Platinum saja keatas saja.
Ada juga cara dengan menghubungi Instagram dan melalui Call Center. Untul Call Center Tokopedia, dari beberapa sumber katanya sudah dinonaktifkan (Tapi mungkin Anda sanggup mencobanya).
Sedangkan Instagram, setahu saya dikhususkan untuk isu atau promo saja. Tapi saya lihat disana banyak juga
follower yang mengirimkan pertanyaan mereka. Kalau Anda ingin mencobanya juga, silakan
follow dulu instagram Tokopedia (@Tokopedia) atau di
www.instagram.com/tokopedia.
Kemudian coba
DM atau kirimkan pertanyaan Anda dengan cara komentar pada salah satu postingan disana.
Penutup...
Menghubungi CS Tokopedia, tidaklah sulit. Namun terkadang masih banyak juga yang belum paham, terutama untuk orang-orang yang gres mengenal dan gres menggunakan Tokopedia. Semoga informasi ini bermanfaat, dan sanggup membantu Anda menuntaskan pertanyaan atau duduk masalah Anda.
Jika ada pertanyaan yang ingin ditanyakan kepada penulis, silakan kirimkan melalui kolom komentar dibawah ini. Akan sebisa mungkin saya bantu.
Sekali lagi, biar bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar